Sejarah


Pondok Pesantren HM Al Mahrusiyyah

Pondok Pesantren Lirboyo HM Al-Mahrusiyah dirintis sejak tahun 1987. Lembaga pendidikan ini adalah menampung siswa, mahasiswa dan mahasiswi yang belajar dibawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Tribakti (YPIT), kemudian perkembangan berikutnya berganti nama Yayasan Al Mahrusiyah pada tahun 2013 dan selesai proses legal formal tahun 2014. Pondok Pesantren Al-Mahrusiyyah sendiri memiliki bebearapa lembaga : PP. HM Putra pada tahun 1987/Putri Al-Mahrusiyah tahun berikutnya 1990, Madrasah Diniyah Al-Mahrusiyah 1989, Madrasah Murottilil Qur’an Al-Mahrusiyah 2008 dan di tutup tahun 2009, Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) telah berganti tampuk kepemimpinan sejak tahun 2013 oleh Romo Yai KH. Khafabihi Mahrus, Madrasah Alitah HM Tribakti 1985, Madrasah Tsanawiyah HM Tribakti berdiri tahun 1990, TK Kusuma Mulia Tribakti, koperasi Pondok Pesantren dan perpustakaan Pondok Pesantren. SMK Al Mahrusiyah tahun tahun berdiri paling muda pada tahun 2011.

Untuk PP HM Putri Al-Mahrusiyyah, diresmikan pada tanggal 06 Januari 2001. Dan tertanggal 18 Desember 2003, pesantren ini resmi membagi lokalnya (lokasi) menjadi dua. Satu bertempat di jalan KH. Abd. Karim No. 99 Lirboyo, dan satunya berada di jalan Penanggungan No. 44B. Sedangkan PPHM Putra Al-Mahrusiyah, resmi berdiri pada 13 mei 2002 M. Sampai Saat ini, PP. HM Putri Al-Mahrusiyyah dihuni 309 orang Santriwati. 203 orang berdomisili di PP. HM Putri Al Mahrusiyyah I (barat) dan selebihnya bertempat tinggal di PP. HM Putri Al-Mahrusiyah II (selatan).

PP. HM Al-Mahrusiyyah yang saat ini dipimpin Irma filayati (asal Papua) lailatul mabruroh (asal mojokerto) dengan sekretaris , mengalami kemajuan cukup pesat. Para santrinya, selain mengikuti pelajaran formal pagi hari dan sore harinya, juga melaksanakan beberapa kegiatan lainnya. Seperti Manaqib Syekh Abdul Qodir, Tilawatil Qur’an, Jama’ah Sholat Dhuha, Sorogan Kitab Kuning, Sholawat, Musyawaroh Kubro, Bahtsul Masa-il, dan masih banyak lagi.

Sedangkan PP. HM Putra Al-Mahrusiyyah, yang berdiri sejak 1 Agustus 1988 M./ 10 Syawal 1408 H. saat ini dipimpin Ilhamul karim. S.Pd.I . Pada awalnya, HM Putra All-Mahrusiyah hanya memiliki 41 santri. namun dalam perkembangannya, jumlah santri meningkat menjadi kurang lebih 800 santri yang berasal dari berbagai daerah. Tahun 1992 (1 Muharom 1413H.) berdirilah Madrasah Diniyah (Madin di HM Putra Al-Mahrusiyah berdasarkan SK.PP.HMP.No.23/SK/PP HMP/VII/1992. Pendidikan yang dikembangkan memiliki beberapa jenjang : I’dadiyyah 2 tahun, Tsanawiyyah 3 tahun, dan Aliyyah 3 tahun. Metode yang digunakan Madin yang tidak jauh beda dengan metode MHM, seperti Musyawarah, Muhafadloh, ataupun Lalaran.

Madin PP. HM Putra Al-Mahrusiyah digelar malam hari, karena pagi harinya para santri menuntut ilmu umum. Dan pada tahun 2004, madrasah tsanawiyyah Madinnya telah disamakan dengan tingkatan tsanawiyah lembaga umum, dan ijazahnya telah disahkan bisa untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi di Negara lain, sepeti Yaman, Al Azhar, dan Negara lainnya.

Selain itu, untuk menunjang para santrinya, PP. HM Putra Al-Mahrusiyah memiliki beragam sarana dan prasarana, mulai puluhan lokal belajar, lapangan basket, voly sampai lapangan tenis, yang ditunjang juga dengan berbagai kegiatan ekstra kurikuler. Diantaranya : Manaqib, Sab’ul Munjiyat, dan Bela Diri (Pagar Nusa), Wushu, Taekwondo).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s